Umumnya Berkain Putih, Kuntilanak Biru Paling Ganas

oleh -869 views
sosok-kuntilanak-merah
Ilustrasi Kuntilanak

Pantura XFile – Meski digambarkan dalam wujud menyeramkan, kuntilanak menjadi hantu favorit di dunia perfilman Indonesia.

Sudah puluhan film bergenre horor di Indonesia, menjadikan kuntilanak sebagai tokoh utama.

Kuntilanak merupakan hantu yang memiliki ciri khas, suara tawanya yang melengking ditambah gaun putih kusam, dan rambut panjang terurai yang menutupi sebagian wajahnya.

Tempat yang menjadi kesukaanya adalah pohon waru miring, atau dalam istilah lain ‘waru doyong’, juga bangunan tua yang sudah lama tidak dihuni.

Beberapa kepercayaan di masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa, kuntilanak paling senang mengganggu wanita hamil dan bayi yang baru lahir.

Sehingga untuk menangkal gangguan, gunting, pisau kecil, paku dan peniti sering dibawa oleh wanita hamil atau disematkan di baju bayi yang baru dilahirkan.

Menurut kepercayaan masyarakat, untuk melumpuhkan serangan kuntilanak, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak.

Sementara dalam kepercayaan masyarakat lainnya, lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas, atau bagian ubun-ubunnya.

Baca Juga!

Sumur Emas di Desa Sindanghayu, Diyakini Bisa Mengubah Nasib

Abaikan Izin Orang Tua, Berakhir Petaka di Gunung Ciremai

Nama kuntilanak berasal dari kata Pontianak, kota di Pulau Kalimantan yang merupakan asal usulnya.

Pontianak atau puntianak merupakan singkatan dari perempuan mati beranak, yang merupakan mitos kuat yang beredar.

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Beberapa versi mengatakan, kuntilanak atau kunti memiliki wujud wanita cantik, tetapi ada juga yang menyebut kuntilanak adalah sosok perempuan yang memiliki lubang di punggung yang sering disebut sundel bolong.

Mas Oji, salah seorang ahli supranatural asal Cirebon mengatakan, hantu kuntilanak bisa dikategorikan menurut warna kain yang dikenakan.

Baca Juga!

Perlu Diketahui, 9 Penderita Penyakit ini Tidak Disarankan Ikut Vaksinasi

Perjuangan Keluarga Pasien Asal Sedong Mencari Rumah Sakit

“Umumnya kuntilanak berkain putih, tetapi kalau menemukan yang biru, itu yang paling ganas, tetapi itu jarang dijumpai karena seringnya di hutan belantara” ujar Mas Oji.

Pria berpenampilan kalem ini menambahkan, hantu kuntilanak juga sering digunakan oleh para dukun untuk melancarkan sihir kepada orang yang dituju.

“Biasanya yang hitam sering digunakan oleh para dukun, kalau yang merah itu juga ganas, tetapi tidak seganas yang biru,” bebernya

Menurutnya, kuntilanak merupakan perwujudan dari arwah-arwah yang tidak sempurna matinya, sehingga sering menampakan diri untuk mengganggu manusia.

“Seperti yang mati bunuh diri, atau semasa hidupnya bekerjasama dengan iblis sehingga menjadi budaknya,” kata Mas Oji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.