Tumbuh Subur di Kuburan, Bunga Kamboja Konon Memiliki Kekuatan Gaib

oleh -76 views
bunga-kemboja--bunga-kamboja
Bunga Kamboja atau Kemboja, tumbuh subur di area pemakaman. Foto: Ist

Pantura XFile – Kompleks pemakamam di Indonesia umumnya memiliki pemandangan menyeramkan. Pohon dengan ukuran besar dan deretan Pohon Bunga Kamboja menjadi suasana tambah angker.

Yang paling banyak ditemui adalah adanya Pohon Kamboja. Pohon dengan bunga kelopak berwarna putih yang menjadi ciri khas, selalu ada di setiap makam khususnya di Pulau Jawa.

Seperti tidak bisa terpisahkan, di mana ada kompleks pemakaman, maka Pohon Kamboja akan tumbuh subur di dalamnya.

Pohon Kamboja merupakan pohon yang berasal dari Amerika Tengah, diperkirakan baru masuk ke Indonesia saat terjadi penjajahan.

Pohon Kamboja atau Kemboja merupakan jenis pohon yang memiliki ukuran tidak terlalu tinggi, dengan daun jarang yang tebal.

Pohon ini memiliki bunga dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan dan memiliki wangi yang khas.

Di balik penampilannya yang cantik, ternyata ada banyak hal mistis dan mitos di balik pohon satu ini.

Baca Juga!

Terungkap, Legenda Nyi Ratna Herang Seorang Putri, Bukan Penari Ronggeng

Penampakan Perempuan Bergaun Merah di Balik Kemegahan Jembatan Pasupati

“Umumnya, kelopak bunganya berjumlah lima, kalau ada yang empat, bisa dijadikan media untuk kekuatan gaib,” ujar Mas Oji, seorang praktisi supranatural dari Cirebon.

Menurutnya, bunga yang juga disebut bunga kuburan itu, tidak bisa tumbuh sendiri di area pemakaman kalau tidak ada maksud dan tujuan.

“Para orang tua dahulu, jika akan melakukan sesuatu selalu memperhatikan alam,” tambahnya.

Oleh sebab itu, tambahnya, para orang tua sengaja menanam Pohon Kamboja di area pemakanan supaya kuburan wangi dan teduh.

“Pohonnya unik, bunganya akan rontok dalam keadaan masih segar dan wangi,” tukasnya.

Keadaan ini membuat pemakaman dapat bertabur bunga secara berkala dan tetap wangi oleh Bunga Kemboja, meski tidak ada orang yang datang untuk menaburkannya.

Jasad dalam kuburan yang membusuk secara organik, membuat tanahnya sangat subur, menjadikan Pohon Kemboja bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Selain itu, karakteristik daun yang tumbuh bergerombol bisa dimanfaatkan sebagai peneduh bagi orang yang datang berziarah.

Dikutip dari www.99.co. Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat, Pohon Kamboja merupakan jelmaan seorang gadis.

Gadis tersebut merasa sedih karena kehilangan kekasihnya, sehingga ia memutuskan menunggu dan menemani kekasihnya yang telah meninggal di pusarannya.

Hingga pada suatu hari, gadis tersebut pun meninggal di tempat, kemudian tumbuhlah Pohon Kamboja di tempat gadis itu meninggal.

Setiap hari, Kamboja yang merupakan jelmaan gadis itu menggugurkan bunganya tepat di atas pusara. Karena mitos tersebut, maka bunga ini juga disebut sebagai bunga kesetiaan.

Selain mitos dan hal-hal mistis, Bunga Kamboja juga dianggap sebagai penanda akan datangnya rezeki.

Konon, jika kita menemukan Bunga Kamboja yang memiliki jumlah mahkota empat atau enam maka bisa mendatangkan rezeki dan keberuntungan.

Meski tidak dilarang menanam Pohon Kamboja di rumah, namun di Pulau Jawa tidak ada yang berani menanam pohon ini di pekarangan rumahnya.

Sebab, hal tersebut dipercaya dapat mengundang roh jahat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.