Tidak Disangka, Benda Ini Bisa Menangkal Santet

oleh -919 views
penangkal-ilmu-santet
Om Hao menjelaskan tentang benda yang bisa menangkal santet. Foto: Tangkapan Layar YouTube

Pantura XFile – Di Bulan Februari, Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) Indonesia, akan menggelar Festival Santet dan pengobatan gratis yang dilakukan para dukun.

Deklarasi pembentukan Perdunu dilakukan di Villa Bejong yang terletak di lereng Gunung Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Terpilih yang menjadi ketua adalah Kiai Abdul Fatah Hasan, Rabu (3/2/2021).

Perdunu tujuannya menjadi wadah bagi para ahli spiritual nusantara untuk mengembangkan profesi sekaligus memperbaiki stigmatisasi negatif tentang dukun.

Menurut praktisi atau ahli retrokognisi, Hari Kurniawan atau akrab disapa Om Hao, ilmu santet dibagi menjadi dua, ilmu santet merah dan kuning.

Ilmu santet merah untuk mencelakai seseorang tanpa menyentuhnya, sedangkan kuning untuk pengasihan semacam pelet.

Adapun yang dijadikan unsur adalah udara, air, dan tanah. Unsur-unsur itulah yang dipakai sebagai media atau perantara untuk menjalankan ilmu tersebut.

Baca Juga!

Kisah Nyi Ronggeng Dikubur Hidup-Hidup di Jembatan Ciharendong

Menurut Om Hao, santet sebenarnya merupakan ilmu putih, tetapi karena ada orang pintar yang mempelajari dan memodifikasinya untuk tujuan tertentu maka berubah menjadi ilmu hitam.

Di kanal YouTube Kisah Tanah Jawa yang diunggah pada 26 September 2020, Om Hao membagikan cara menangkal ilmu santet dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar.

Saran Om Hao, benda-benda itu tidak ada artinya apabila tidak diiringi dengan doa. Berikut benda dan mahluk hidup yang bisa dijadikan penangkal.

1. Garam krosok yang masih kasar
Garam yang dipakai bukan garam beryodium. Garam ini ditaburkan di setiap sudut rumah.

2. Ketan putih, yang bisa terbakar apabila terkena santet
Ketan yang dipakai jangan dicampur dengan beras. Karena menurut Om Hao, jadinya tidak efektif. Ditaruh ke dalam kantong, kertas koran, atau kain mori. Jika kiriman gagal, ketan tersebut akan terbakar seperti pop corn.

3. Telur ayam kampung
Telur bisa dibungkus kain atau koran, lalu ditanam di depan rumah. Kandungan di dalam telur ayam kampung banyak darah. Perantara lebih banyak mengincar darah. Setelah itu, telur-telur tersebut harus dibuang ke sungai.

4. Anjing dan kucing
Ilmu santet akan gagal jika di rumah target terdapat binatang peliharaan. Karena akan menyasar ke binatang yang ada di rumah target.

5. Daun kelor
Daun kelor dipercaya dapat menyembuhkan santet, melepas susuk, dan melepaskan orang susah meninggal karena memiliki ilmu. Caranya yaitu mengibas-ngibaskan daun kelor ke tubuh penderita, atau bisa juga digantung di atas pintu maupun jendela dengan jumlah batang yang ganjil.

6. Bunga kantil
Biasanya ditaruh di bawah bantal, tempat tidur, dalam lemari, dan di atas lemari. Kalau bunganya pecah dalam waktu satu minggu, berarti kekuatan santet tersebut lebih kuat. Tetapi apabila bunganya mengering, berarti energi itu bisa menyerap. (brd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.