Tempat Mistis di Kuningan, Salah Satunya Mungkin Sering Anda Kunjungi

oleh -873 views
tempat-tempat-angker-di-Kuningan
Gunung Ciremai yang menjadi primadona para pendaki, juga memiliki cerita mistis.

Kabupaten Kuningan banyak menyimpan potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, Tempat-tempat mistis di Kuningan juga ada.

Kabupaten yang bertetanggaan dengan Majalengka ini, ditunjang geografis pegunungan dan hawa yang sejuk, tidak salah kalau sekarang ini bermunculan tempat-tempat wisata baru.

Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Kuda ini, berada di kaki Gunung Ciremai, yang setiap saat banyak didatangi para pecinta alam hanya untuk berkemah atau menjajal puncak Ciremai.

Tidak salah kalau setiap musim liburan, Kuningan menjadi tempat rujukan melepas penat sambil menikmati udara sejuknya.

Tetapi, di balik deretan wisata alamnya yang menarik, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini, juga memiliki beberapa tempat yang punya tempat mistis. Penasaran? Yuk, simak!

Baca Juga:

5 Tempat Angker di Cianjur, Nomor 3 Pernah Jadi Tempat Syuting

Gunung Ciremai

OLYMPUS DIGITAL CAMERA


Gunung tertinggi di Jawa Barat ini menjadi primadona para pendaki gunung. Apalagi menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus, para pendaki akan memenuhi area puncak Gunung Ciremai.

Tetapi, sejumlah cerita misteri sering terdengar di antara para pendaki. Menurut mereka, jika sudah tercium bau kemenyan, itu tandanya akan muncul mahluk halus. Sosok mahluk halus yang dimaksud sering berwujud kuntilanak.

Cerita mistis lain dari Gunung Ciremai adalah suara gamelan misterius. Jika seorang pendaki dalam perjalanan mendengar suara tersebut dan berusaha mencari sumber suara, maka dirinya bisa terpisah dari rombongan dan tersesat.

Curug Putri


Masih dari area Gunung Ciremai, cerita mistis lain ada di air terjun yang berada di kaki gunung. Dikenal dengan Curug Putri. Konon, beberapa pengunjung mengaku sering melihat sosok putri di dekat air terjun.

Sosok tersebut akan terlihat jelas saat pengunjung mengambil foto di sekitar air terjun. Air terjun setinggi 40 meter ini berlokasi di Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Jembatan Ciharendong


Jika Anda dari arah Kota Cirebon bermaksud ke Kota Kuningan, sudah pasti akan melewati jembatan legendaris ini.

Sejak dahulu, jembatan ini dikenal sebagai salah satu tempat angker di Kuningan. Sebab, jembatan ini kerap memakan korban jiwa. Beberapa warga sering melihat penampakan perempuan yang melintasi jembatan.

Beberapa pengendara yang melintas pun kerap merasa dijahili mahkluk halus penunggu jembatan tersebut. Jembatan ini berada di Jalan Raya Ciharendong, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Sungai Cigede


Sungai yang berlokasi di Parakan, Maleber, Kabupaten Kuningan ini memiliki kisah yang telah diceritakan turun temurun.

Dahulu ada seorang wanita bernama Nyi Ratna Herang. Seorang penari ronggeng yang cantik jelita. Kecantikan Nyi Ratna Herang membuat para pria berebut untuk memiliki dirinya.

Hingga suatu saat, dua orang jawara berkelahi adu kekuatan karena sama-sama ingin memiliki sang penari cantik itu. Namun naas, justru Nyi Ratna Herang lah yang terkena serangan akibat kekuatan dua jawara tersebut hingga tewas.

Yang membuat miris, jenazah Nyi Ratna Herang awalnya tidak dikuburkan dengan layak. Justru jenazahnya dihanyutkan begitu saja di Sungai Cigede.

Akhirnya, sang penari ini dimakamkan di tanah yang ada di bantaran Sungai Cigede. Sejak saat itu banyak masyarakat sekitar yang berziarah di makam tersebut untuk berdoa atau mengharapkan berkah.

Sebelum meninggal, Nyi Ratna Herang berpesan bahwa di desa tersebut tidak akan ada gadis cantik yang dapat hidup hingga usia 19 tahun.

Masyarakat setempat pun mempercayai mitos ini dan mengirim anak gadisnya keluar kota untuk tinggal bersama sanak saudara atau bersekolah. Mereka diperbolehkan kembali ke desanya setelah melewati usia 19 tahun.

Waduk Darma


Waduk ini memiliki sebuah pulau kecil yang berada di tengahnya. Banyak kabar yang beredar bahwa pulau tersebut adalah rumah para mahluk halus, mulai dari tuyul hingga kuntilanak. Hiiiiā€¦

Selain itu, ada mahluk lain yang menjadi penghuni pulau tersebut. Siluman belut putih. Menurut cerita, siluman tersebut berukuran besar seperti naga dengan muka yang seram.

Layaknya belut, siluman belut putih memiliki tubuh yang licin. Meski demikian siluman tersebut jarang menampakkan diri di hadapan manusia.

Curug Bangkong


Cerita mistis Curug Bangkong juga tak kalah bikin merinding dibanding tempat angker yang ada di Kuningan.

Air terjun ini berlokasi di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kuningan. Lokasi air terjun ini berada sangat dekat dari Waduk Darma.

Asal-usul nama Bangkong sebenarnya berasal dari seorang pertapa bernama Wiria. Suatu ketika, penduduk desa bingung mencari keberadaan Wiria di dekat air terjun.

Warga menganggap Wiria sudah meninggal, tetapi jasadnya tidak ditemukan. Dan warga pun beranggapan kalau Wiria telah mencapai kesempurnaannya.
Akan tetapi, sejak saat itu di sekitar air terjun sering terdengar suara bangkong alias katak. Konon, Wiria berubah wujud menjadi kodok dan tinggal di sekitar Curug Bangkong.

Misteri Curug Bangkong tak hanya sampai di situ saja. Pasalnya, curug ini juga dinilai sering meminta tumbal.

Ada seorang anak bernama Yoyo yang dinyatakan tewas karena hanyut di sungai yang berada di air terjun ini.

Anehnya, jenazah Yoyo tidak pernah ditemukan sampai saat ini. Selain itu, ada seorang pria bernama Tatang yang kabarnya gantung diri di sekitar Curug Bangkong.

Nah, itulah beberapa tempat di Kuningan yang memiliki cerita mistis yang dianggap angker. Anda tidak perlu takut untuk berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Yang penting selalu menjaga sikap baik dan tutur kata santun. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.