Takut Terkena Kutukan Nyi Ronggeng, Anak Gadis di Desa Ini Diungsikan

oleh -227 views
Makam-Nyi-Ratna-herang
Makam Nyi Ratna Herang. Foto: www.boombastic.com

Pantura XFile – Soal mitos atau legenda, Kabupaten Kuningan tidak kehabisan cerita. Kisah Kutukan Nyi Ronggeng adalah salah satu legenda yang sangat melekat untuk warga Desa Ciherang.

Tetapi legenda Nyi Ratna Herang yang beredar, memiliki banyak versi. Salah satu versi menyebutkan, kalau sosok Nyi Ratna Herang adalah seorang penari ronggeng.

Menurut cerita, Nyi Ratna Herang adalah seorang penari ronggeng yang sangat terkenal di tahun 20-an. Usianya masih muda, ditunjang dengan paras yang cantik pula.

Tidak heran, jika pada waktu itu, setiap ada yang menggelar hajatan, menjadi ‘kewajiban’ tuan hajat untuk mendatangkan Nyi Ratna Herang supaya hajatan semakin semarak.

Tidak hanya cantik, Nyi Ratna Herang juga piawai dalam menari, makanya, banyak kaum lelaki yang terpikat oleh Nyi Ratna Herang.

Baca Juga!

Rencana Kuliah Tatap Muka, Eks Menristekdikti: Kuliah Online Jangan Ditinggalkan

Bukan Hitam, Candi Borobudur di Awal Pembuatan Penuh Warna-Warni

Menurut cerita, Nyi Ratna Herang juga bisa diajak untuk berkencan. Siapa saja yang berani memberi bayaran tinggi, dirinya bisa jatuh ke pelukan pria berkantong tebal.

Cantik, masih muda, pintar menari dan bisa diajak berkencan, rupanya menjadi malapetaka bagi Nyi Ratna Herang.

Hingga suatu ketika, dua orang jawara bertarung berusaha saling mengalahkan demi bisa memiliki nyi ronggeng.

Pertarungan sengit dua jawara tersebut tidak kunjung selesai, sama-sama memiliki kekuatan, mereka saling mengeluarkan kemampuan yang dimiliki keduanya.

Menjelang akhir pertarungan, ternyata malah Nyi Ratna Herang yang menjadi korban akibat salah sasaran jawara yang sedang bertarung.

Hingga akhirnya Nyi Ronggeng mati terbunuh di lokasi pertempuran. Tetapi sebelum ajalnya, Nyi Ratna Herang sempat mengucapkan kata-kata.

Baca Juga!

Penampakan Perempuan Bergaun Merah di Balik Kemegahan Jembatan Pasupati

Praktisi Spiritual: Hari Pertama Ada Aura Kesedihan dan Kecemasan pada Awak KRI Nanggala-402

“Di sini tidak akan ada wanita secantik saya hingga berumur 19 tahun”. Begitu ucapan Nyi Ratna sebelum meninggal.

Kata-kata yang diucapkan, oleh masyarakat Desa Ciherang dipercaya sebagai sebuah kutukan nyi ronggeng. Makanya, sejak saat itu, warga yang memiliki anak perempuan akan diungsikan.

Mereka akan menitipkan anak perempuannya kepada sanak saudara yang berada di luar Desa Ciherang. Hingga usianya menginjak 19 tahun, baru bisa kembali.

Menurut cerita dari mulut ke mulut, suatu ketika sempat ada anak gadis yang berusia di bawah 19 tahun di Desa Ciherang meninggal dunia secara misterius.

Dan itu pun dipercaya imbas dari kutukan nyi ronggeng alias Nyi Ratna Herang terhadap warga.

H Abung: Nyi Ratna Herang Bukan Penari Ronggeng

Cerita lain diutarakan oleh sesepuh Desa Ciherang yang sering dimintai keterangan tentang sosok Nyi Ratna Herang oleh orang-orang yang sedang melakukan kajian.

Menurut penuturan seorang pensiunan guru yang bermukim di Blok Wage, Desa Ciherang, Nyi Ratna Herang bukanlah seorang penari ronggeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.