Suara Lirih Perempuan Minta Tolong, Menambah Keangkeran Terowongan Kereta Api Sindanglaut

oleh -9.375 views
terowongan-kereta-api-sindanglaut
Terowongan Kereta Api Sindanglaut. foto: brd/radar cirebon

Pantura XFile – Melakukan perjalanan dari Cirebon menuju Sindanglaut, tidak asing dengan terowongan kereta api Sindanglaut.

Memang orang lebih familiar menyebutnya dengan terowongan kereta api Sindanglaut, padahal lokasinya ada di Desa Mertapada, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Lokasi terowongan yang jauh dari perumahan penduduk ini, konstruksinya terlihat seperti bangunan peninggalan zaman dulu.

Ternyata dugaan penulis dipertegas salah seorang warga yang kebetulan sedang mengatur keluar masuk truk pengangkut material dari lokasi galian.

“Orang tua bilang, terowongan itu dibangun zaman belanda, dan dulu dipergunakan untuk mengeksekusi hukuman gantung bagi pekerja,” ujar Kosim yang juga berprofesi sebagai sopir.

Kosim ternyata memiliki banyak cerita sepanjang jalan yang melewati terowongan tersebut. Menurutnya, kecelakaan yang terjadi terkadang di luar kewajaran.

Kosim, sering melihat kecelakaan tidak wajar di Terowongan KA Sindanglaut. foto: brd/radar cirebon

“Jika dari arah Cipeujeuh menuju Cirebon, dimulai dari jembatan putih hingga terowongan, banyak kecelakaan fatal,” kata Kosim.

Baca Juga!

Jin Hulubalang Penjaga Pintu Gerbang Murka, Pintu Tertutup Sendiri

Penulis pun penasaran dengan maksud kecelakaan tidak wajar yang diucapkan Kosim.

“Jadi motornya seperti berhenti mendadak, lalu jatuh, tetapi korban mengalami luka fatal, kan aneh,” beber Kosim sambil meminta Selong temannya untuk duduk bersama.

Pengalaman aneh Kosim sebagai sopir juga pernah dialaminya, banyak suara aneh jika melewati terowongan tersebut.

Dari berbagai suara aneh yang terdengar, suara perempuan minta tolong yang sering tertangkap telinganya.

“Saya ini punya angkot, jadi jam dua malam saya harus jemput langganan,” ujarnya. Jadi, tambah Kosim, ketika melewati terowongan itu, suara rintihan perempuan sering terdengar.

“Karena terlalu sering, saya memberanikan diri turun dari mobil dan mencari sumber suara, setelah saya cari tidak ada siapa-siapa,” terang Kosim.

Baca Juga!

Bagaimana Rasanya Memiliki Tuyul?

Cerita berbeda diutarakan Selong, warga Mertapada yang juga sedang kebagian tugas jaga di pos keluar masuk truk pengangkut material.

Selong pernah menolong mobil dari arah Cipeujeuh yang mengalami kecelakaan di Jembatan Putih, dengan korban lebih dari dua orang meninggal.

Menurutnya, tidak masuk akal jika mobil menghantam pohon yang ada di pinggir jembatan tersebut bisa mengakibatkan korban meninggal banyak.

“Pohonnya segede tangan, masa korban bisa banyak, padahal cuma nabrak pohon,” ujar Selong sambil menunjukkan tangannya waktu berbicara.

Selain kecelakaan di jembatan, suatu ketika dirinya pernah menyaksikan kecelakaan lain yang lokasinya di jalan berbelok sebelum masuk terowongan dari arah Cirebon.

Menurut pengakuan Selong, sang sopir meresa kalau jalan tersebut lurus dan ada sesuatu yang menghalangi padangan sopir tersebut.

“Seperti ada selendang yang menutupi kaca mobil,” ujar Selong menirukan ucapan sopir.

Memang menurutnya, kalau di jembatan tersebut bermukim mahluk halus berupa jin genderewo hijau yang sering membuat para pengendara mengalami kecelakaan.

Lokasi yang jauh dari keramaian warga dan jalan yang berbelok dengan kondisi aspal yang rusak, mengharuskan pengendara untuk ekstra hati-hati jika melewati jembatan tersebut.

Ditambah jika diguyur hujan deras, terowongan tersebut akan terendam air hingga menyulitkan pengendara melewatinya. Jadi hati-hati. (brd)

One thought on “Suara Lirih Perempuan Minta Tolong, Menambah Keangkeran Terowongan Kereta Api Sindanglaut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *