Selain Waru, Kuntilanak Juga Suka di Pohon Mangga

oleh -359 views
pohon-mangga-tempat-kuntilanak
Ilustrasi

Pantura X-File – Bangunan yang sudah lama kosong biasanya memiliki penunggunya masing-masing. Makhluk tak kasat mata biasanya menyukai tempat seperti itu, namun selain bangunan, beberapa pohon juga menjadi tempat favorit mereka. Salah satunya pohon mangga.

Untuk menambah keteduhan dan suasana asri rumah, terkadang tanaman dengan batang keras menjadi pilihan untuk ditanam pemilik rumah.

Dirangkum dari beberapa sumber, pohon dengan jenis batang keras sering dipilih mahluk halus sebagai ‘sarang’ mereka.

Berikut pohon-pohon yang dijadikan ‘rumah’ makhluk halus.

Pohon Asam
Meski memiliki ukuran daun yang kecil, tetapi daun pohon asam sangat lebat, ditambah dahan bercabang yang nyaris rapat.

Tidak mengherankan kalau pohon asam dijadikan ‘rumah’ setan Pocong dan Kuntilanak.

Baca Juga!

Pasar Setan dan Sosok Pendaki Misterius Sering Membuat Pendaki Nyasar

Benarkah Ruh Orang Meninggal Pulang ke Rumah Setiap Malam Jumat?

Jin Jahil Penunggu Perempatan Pabedilan-Ciledug

Pohon Beringin
Banyak yang percaya jika pohon beringin yang sudah berusia puluhan tahun memiliki aura tersendiri. Tak sedikit yang meyakini bahwa pohon satu ini menjadi tempat favorit Kuntilanak dan Genderuwo.

Selain itu, pohon dengan ciri khas daun yang lebat dan bercabang banyak, menjadikan pohon ini terlihat menyeramkan jika dipandang di malam hari.

Kisah yang banyak diceritakan, jika ada orang yang mematahkan janggut (akar yang menggantung) dan kebetulan pohon tersebut ‘dihuni’ maka orang tersebut akan jatuh sakit.

Pohon Sawo
Sama dengan pohon beringin, pohon sawo juga memiliki daun yang lebat, tetapi pohon sawo jarang yang memiliki janggut.

Mitos yang beredar Kuntilanak dan Genderuwo menyukai jenis pohon sawo. Maka dari itu jika sudah memasuki waktu adzan Maghrib, hindari pohon ini karena biasanya pada jam-jam tersebut penunggunya sedang berkeliaran.
Pohon Nangka

Pohon nangka juga dipercaya sebagai tempat tinggal mahluk halus. Menurut cerita orang tua, hantu penunggu pohon nangka biasanya Kuntilanak wanita dengan rambut yang panjang dan wajah pias.

Pohon Randu
Pohon randu atau yang lebih terkenal waru, merupakan pohon yang menjadi tempat tinggal kuntilanak.

Ketika musim waru berbuah, seringkali orang melihat penampakan kuntilanak yang jaraknya dengan bunga kapas tersebut sangat dekat, bahkan kadang-kadang wajahnya yang putih seolah tersembul dari kapas tersebut.

Pohon Pisang
Kuntilanak dan Pocong menyukai pohon pisang yang tumbuh bergerombol, bahkan di Sulawesi Selatan tersebutlah sosok manusia gentayangan yangg disebut “poppo parakang”, sangat sering merubah wujudnya menjadi pohon pisang.

Pohon Bambu
Pohon lain yang tumbuh bergerombol yang menjadi kegemaran Kuntilanak adalah pohon bambu, namun pohon bambu yang menjadi seleranya adalah pohon bambu biasa, bukan bambu kuning.

Karena pohon bambu kuning konon bisa menjadi penolak bala bencana jadi sudah pasti dijauhi oleh makhluk-makhluk halus.

Pohon Mangga
Tidak banyak yang menyangka kalau tumbuhan yang sengaja ditanam pemilik di depan rumah mereka menjadi tujuan Kuntilanak untuk bermukim.

Tetapi tidak semua pohon mangga bisa disinggahi, pohon mangga jenis manalagi yang paling banyak dihuni makhluk astral ini.

Dari uraian di atas, menanam pohon jenis batang keras di sekitar rumah tentu dengan tujuan agar rumah terhindar dari sorotan matahari langsung.

Suasana sejuk dan asri menjadi tujuan pemilik rumah menanam pohon-pohon tersebut tanpa bermaksud ‘menyediakan’ rumah bagi para mahluk halus. (*/brd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.