Rabu, Vaksin Covid-19 Datang, Setengahnya untuk Nakes Indramayu

oleh -38 views
vaksin-dikirim-ke-indramayu

Pantura XFile – Kabupaten Indramayu siap menyambut vaksin Covid-19. Dari 9.200 vaksin yang dikirim, setengahnya diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Menurut Juru Bicara Program Vaksin Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Wawan Ridwan, distribusi vaksin ini akan tiba di Indramayu pada Rabu (27/1) besok.

“Waktu estimasi keberangkatan dari Bandung pukul 08.00 dengan melewati rute Bandung, Indramayu, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon,” kata Wawan, Senin (25/1).

Wawan mengungkapkan, dari segi sarana dan prasarana Kabupaten Indramayu sudah siap menyambut vaksin Covid-19.

Salah satu sasaran utama adalah tenaga kesehatan. Data sasaran tenaga kesehatan sampai saat ini ada 4.837 orang yang sudah teregistrasi sebagai penerima vaksin.

“Kita juga masih mengusulkan tenaga kesehatan lainnya yang belum teregistrasi agar mendapat vaksin,” ujarnya.

Selain itu, semua fasilitas kesehatan mampu vaksin sudah menyiapkan cold chain-nya meliputi petugas terlatih, vaccine freezer, vaccine carrier dan SOP-nya. Juga sudah disiapkan 12 vaccine carrier untuk fasilitas kesehatan mampu vaksin selain puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr Deden Boni Koswara menambahkan, untuk hari Rabu (27/1) dikirim 9.200 vaksin dari Bandung.
Sementara jadwal distribusi ke puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya dari tanggal 28 sampai 30 Januari 2021.

Untuk pengamanan, kata Deden, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan TNI Polri.

Terkait efek dari vaksin Covid-19 yang membuat orang takut, Deden mengatakan bahwa sejauh ini di Bandung belum ditemukan adanya efek gejala berat. Efek gejala ringan paling berupa memerah dan gatal-gatal.

“Meski demikian kami sudah menyiapkan rujukan ke rumah sakit, apabila memang ada efek gejala berat,” ujar Deden. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *