Gempa Bumi Gemparkan Warga Kecamatan Cibingbin

oleh -83 views
gempa-bumi-desa-cipondok-cibingbin

KUNINGAN – Gempa bumi ini berkekuatan 4,2 magnitudo terjadi Jumat (11/12) pagi. Masyarakat Kuningan khususnya warga Kecamatan Cibingbin sangat merasakan dampak dari gempa bumi tersebut.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, gempa tersebut terjadi pukul 05.51 WIB.

Lokasi yang terpapar adalah Dusun Satu RT 001/002/006 RW 002 Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tepatnya di koordinat 7°04’54.2″ S, 108°45’26.2″ E.

Sementara pusat gempa terjadi di titik koordinat 7.07 LS – 108.87 BT (28 km Barat Daya BREBES-JATENG), dengan kedalaman 5 Km.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempa tektonik dangkal tersebut. Hanya kerugian material yang dirasakan sebagian warga di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin.

BPBD Kuningan melaporkan, akibat gempa tersebut 4 unit rumah warga Cipondok mengalami rusak sedang. Kemudian 19 unit rumah mengalami rusak ringan.

Selain rumah warga, kerusakan ringan juga dialami 2 unit fasilitas umum. Yakni puskesmas dan gedung posyandu.

BPBD juga melaporkan, gempa dirasakan di beberapa kecamatan di Kabupaten Kuningan dengan durasi sekitar 20 detik.

Salah satunya gempa dirasakan di beberapa desa di Kecamatan Cibeureum. Warga di Desa Cibeuruem, Kawungsari, Sukadana, dan Sukarapih, Kecamatan Cibeurum merasakan getaran gempa.

Kemudian beberapa desa di Kecamatan Cibingbin. Yaitu di Desa Cibingbin, Bantarpanjang, Cipondok, Dukuhbadag, Sindangjawa, Ciangir, Citenjo, Sukamaju, Sukaharja dan Desa Cisaat.

Lalu di Kecamatan Cimahi. Getaran gempa di Kecamatan Cimahi dirasakan warga di Desa Kananga dan Cimulya.

Akibat kerusakan bangunan milik warga mauoun failitas umum di Kecamatan Cibingbin, membutuhka perbaikan bangunan dan logistik.

Saat ini BPBD Kuningan sudah menurunkan tim assessment ke lokasi kejadian dan berkoordinasibdengan pihak-pihak terkait.

Sebagian wilayah dilaporkan situasi dan kondisi aman dan terkendali. Untuk Desa Cipondok sedang dilakukan pengerahan massa perbaikan bangunan rumah yang terdampak.

BPBD menghimbau masyarakat agar tidak panik. Tidak terpancing isu yang tidak jelas dan pastikan informasi dari lembaga atau instansi resmi. (hsn/fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.