Penampakan Perempuan Bergaun Merah di Balik Kemegahan Jembatan Pasupati

oleh -85 views
jembatan-surapati-bandung-perempuan-bergaun-merah
Jembatan Surapati Bandung dengan teknologi anti gempanya. Foto: Ist

Pantura XFile – Jembatan Pasupati menjadi landmark Kota Bandung selain Gedung Sate, Jembatan yang sudah dirancang oleh arsitek Ir Karsten di tahun 1920 ini, baru diuji coba tanggal 26 Juni 2005 lalu.

Jembatan ini menggunakan tenknologi anti gempa, loco up divice (LUD) nya dibuat di Perancis, totalnya ada 76 buah. Total panjang jembatan 2,5 km terpanjang kedua di Indonesia setelah Jembatan Suramadu.

Menghubungkan bagian Utara dan Timur Kota Bandung, jembatan ini melintang di lembah Cikapundung. Kekuatan jembatan ini ditopang oleh 19 kabel baja yang panjangnya 161 meter.

Dengan konstruksi yang demikian ciamik, Jembatan Pasupati menjadi tempat tongkrongan anak muda, apalagi di malam hari, sorotan lampu menjadikan jembatan tersebut lebih hidup.

Awalnya jembatan tersebut bernama Paspati yang dalam Bahasa Sunda berarti ‘Pas Mati’. Berganti nama menjadi Pasupati yang merupakan gabungan dari nama Jalan Pasteur dan Jalan Surapati.

Di balik kemegahannya, ternyata Jembatan Pasupati menyimpan banyak misteri. Yang paling terkenal adalah sosok perempuan bergaun merah yang sering terlihat di atas jembatan.

Baca Juga!

Majalengka-Surabaya Ditempuh dalam Hitungan Menit, Benarkah Bus Hantu Itu Ada?

Nama Bukit Sanghyang Dora Berawal dari Seorang Sanghyang Pembohong

Sosok perempuan bergaun merah yang menjadi perbincangan di warung kopi sering disebut Mariah. Mariah adalah seseorang yang mengakhiri hidupnya di jembatan tersebut.

Diceritakan, Mariah loncat dari jembatan karena tambatan hatinya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Tetapi banyak yang menyebutkan kalau arwah Mariah masih berkeliaran di seputar jembatan.

Sosok Mariah sering menampakan diri kepada pria yang berkendara motor sendirian melintas di jembatan tersebut, karena mengangap sebagai kekasihnya.

Seperti yang pernah dialami oleh Adi, warga pendatang asal Tuban, Jawa Timur ini, pernah mengalami hal yang menyeramkan selama hidupnya.

Kejadian yang menimpa Adi, berawal usai dirinya mengantar teman kontrakannya pulang kampung untuk menjenguk ibunya yang sedang sakit.

Dalam perjalanan pulang, Adi yang tidak mengetahui kisah mistis seputar Jembatan Pasupati, memutuskan untuk melintasi jembatan tersebut sambil menikmati keindahan Kota Bandung di malam hari.

Tetapi, ketika melintas di atas jembatan, motornya mendadak mati, berbagai usaha untuk menghidupkan kembali motor teman kerjanya itu gagal.

Usaha untuk membuat motor kembali hidup terus dilakukan, Adi dikejutkan dengan sosok perempuan bergaun merah yang berada di pinggir jembatan sambil memegang besi pembatas.

“Saya melihatnya seperti sedang menunggu seseorang,” ujarnya.

Baca Juga!

Sepasang Pengantin Dijadikan Tumbal, Jembatan Cirahong Jadi Tempat ‘Favorit’ Orang Mengakhiri Hidup

Paus Terdampar di Bungko Lor Akhirnya Mati, Ahli: Merupakan Pesan Tersendiri Untuk Manusia

Lama tidak diperhatikan, akhirnya perempuan tadi menghampiri Adi sambil meminta pertolongan untuk diantar ke suatu tempat.

Adi yang sedang kewalahan dengan kondisi motornya yang mogok menolak permintaan perempuan tadi.

“Maaf neng, motor saya rusak, tidak bisa nyala,” katanya waktu itu.

Tetapi diluar dugaan, perempuan tadi menunjuk ke arah motor Adi, dan menyuruhnya untuk mencoba menghidupkan lagi.

“Aneh motornya langsung hidup,” ujar Adi.

Tidak ada alasan lain untuk menolak permintaan si perempuan bergaun merah tadi, Adi pun menyetujui untuk mengantarnya ke tempat yang diminta.

Dalam perjalanan, tidak ada sepatah kata pun yang keluar dari mulut perempuan tadi, Adi pun merasa canggung untuk sekadar berbasa basi.

Kejadian yang membuatnya takut seumur hidup, adalah ketika si perempuan tadi menepuk punggungnya untuk meminta turun dari motor Adi.

“Saya baru sadar kalau muka perempuan itu pucat dan tanpa alas kaki,” kisahnya.

Adi yang mulai ketakutan langsung memalingkan muka ke arah jalan, dan tanpa disadari perempuan tadi langsung hilang dari hadapannya.

“Kata teman-teman di kontrakan itu arwah Mariah,” pungkasnya.

Lain lagi menurut Dipa, warga Cihampelas, Bandung. Dipa belum pernah melihat sosok perempuan bergaun merah. Tetapi ada mahluk lain di jembatan tersebut.

“Pulang kerja pernah lihat sosok tinggi hitam di atas jembatan itu,” ujar Dipa di kanal 1West java.

Menurutnya, selain sosok tinggi hitam, terkadang ada anak-anak kecil yang berlarian dan seorang nenek yang melayang.

Dari semua cerita horor yang menghiasi Jembatan Pasupati, beberapa kejadian tragis juga pernah terjadi di lokasi tersebut.

Tahun 2017, seorang remaja bernama Oki loncat dari jembatan. Kondisinya tidak tertolong usai mendapat perawatan di RS Hasan Sadikin.

Oki yang meninggalkan surat wasiat di saku celananya, diduga nekat mengakhiri hidup karena ada masalah di keluarganya.

Benar tidaknya ada sosok perempuan bergaun merah yang bergentayangan di Jembatan Surapati, tidak membuat jembatan berubah predikat, tetap saja jembatan tersebut terlihat megah dengan teknologinya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.