Benarkah Ruh Orang Meninggal Pulang ke Rumah Setiap Malam Jumat?

oleh -83 views
Ruh-akan-pulang-setiap-malam-jumat
Setiap malam Jumat, ruh orang mati akan pulang ke rumah, benarkah? Foto: Tangkapan Layar Youtube

Pantura XFile – Setiap ruh orang meninggal akan mendatangi rumahnya pada malam Jumat, benarkah dengan anggapan tersebut?

Lukman seorang warga Desa Wanayasa, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon selalu menyempatkan diri mengunjungi kuburan orang tua dan keluarganya setiap Jumat Kliwon usai salat subuh.

Dengan menggunakan motor matic miliknya, Lukman dengan pakaian koko lengkap dengan sarung, berangkat ke kuburan sambil membawa buku Surat Yasin.

Di area pekuburan, bukan hanya Lukman yang datang untuk ‘berkunjung’, beberapa warga lainnya sedang berdoa, berharap keluarga yang sudah meninggal mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT.

“Saya memanjatkan doa buat kedua orang tua saya, dan keluarga yang lain,” ujar Lukman di sela-sela kegiatannya membersihkan tanah kuburan dari rumput liar.

Baca Juga!

Jin Jahil Penunggu Perempatan Pabedilan-Ciledug

Pasar Setan dan Sosok Pendaki Misterius Sering Membuat Pendaki Nyasar

Gunakan Alat Kelaminnya, Badugang Jaya Berhasil Membuat Sungai

Lukman dan warga lainnya selalu menyempatkan diri mendatangi area pekuburan khususnya di hari Jumat Kliwon untuk membacakan doa kepada mereka yang sudah meninggal.

“Sudah tradisi, setiap Jumat Kliwon usai salat subuh banyak yang datang kesini,” ujarnya.

Tetapi menurutnya, tidak hanya di Jumat Kliwon saja orang-orang datang ke kuburan untuk berdoa, di hari lain juga terkadang ada yang datang.

“Biasanya mereka yang akan berangkat lagi ke perantauan, jadi sebelum berangkat ke makam dulu untuk berdoa,” tuturnya.

Rutinitas yang dilakukan Lukman setiap Jumat Kliwon pergi ke kuburan untuk mengirimkan doa bagi keluarga yang sudah meninggal, dilakukannya bukan tanpa alasan.

Dirinya mengetahui kalau anggapan ruh orang yang sudah meninggal mendatangi rumah di malam Jumat, menjadi alasan bagi dirinya untuk selalu menjaga tradisi tersebut.

“Tidak ada salahnya, selain mencari pahala buat kita, mudah-mudahan apa yang kita lakukan (membaca Surat Yasin) bisa menjadi doa juga buat mereka (yang sudah meninggal),” tuturnya.

Dalam kitab Hiddayyatul Ahya Ilal Amwat wa Maa Yashilu Ilaihim menuliskan sebuah riwayat hadis yang dikutip dari laman akurat.co.

Dari Abu Hurairah, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Berilah hadiah untuk keluargamu yang telah meninggal.” Kemudian para sahabat bertanya, “Apa yang dapat kami hadiahkan untuk keluarga kami yang meninggal wahai Rasulullah?”

Maka Rasulullah SAW menjawab, “Dengan bersedekah dan berdoa. Sesungguhnya ruh-ruh orang mukmin datang ke langit dunia pada setiap malam Jumat. Maka mereka berdiri di depan rumah-rumah mereka kemudian masing-masing dari mereka memanggil dengan suara yang penuh dengan iba.

‘Wahai keluargaku, anak-anakku dan kerabat-kerabatku, belas kasihanilah kami dengan sesuatu, niscaya Allah akan menyayangi kalian. Ingatlah pada kami dan janganlah kami kalian lupakan. Belas kasihanilah kami dalam keterasingan ini, ketidak berdayaan kami dan segala sesuatu yang kami berada didalamnya.

Sesungguhnya kami berada ditempat yang jauh dan terpencil dengan kepiluan yang mendalam dan ketidakberdayaan yang teramat sangat. Sayangilah kami, niscaya Allah akan menyayangi kalian. Janganlah kalian kikir kepada kami dengan sekadar berdoa, bersedekah ataupun bertasbih. Semoga Allah memberikan rasa nyaman kepada kami sebelum kalian sama seperti kami. Duuh… sungguh kalian akan merugi, sungguh kalian akan menyesal wahai hamba-hamba Allah!

Dengarkanlah apa yang kami ucapkan dan janganlah kalian melupakan kami. Kalian juga tahu bahwa fadlilah dan keutamaan yang saat ini berada ditangan kalian adalah sebelumnya milik kami tetapi kami tidak membelanjakan untuk ketaatan kepada Allah, kami tidak menerima dan menolak kebenaran hingga ia menjadi bencana dan musibah bagi kami. Manis dan manfaatnya dinikmati oleh orang lain sedang pertanggungjawaban dan siksanya kami yang menanggung.”

Terlepas dari benar tidaknya ruh pulang ke rumah setiap malam Jumat, sebagai muslim sudah sepantasnya tidak melupakan orang tua, keluarga, atau kerabat yang sudah meninggal dunia.

Dengan mengunjungi kuburan dan memanjatkan doa, setidaknya menjadi salah satu dari tiga amalan yang tidak terputus bagi mereka yang sudah meninggal, yakni doa anak yang soleh. (*/brd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.